Cara Mengatasi Masuk Angin

Cara Mengatasi Masuk Angin

Porterinbiopharma –┬áKerokan selalu menjadi cara awal untuk mengatasi masuk angin. Namun kebanyakan orang tidak betah dengan rasa sakit yang ditimbulkan. Untuk itu lakukan cara mengatasi masuk angin dengan benar dan aman.

Tidak harus selalu kerokan kok, berikut ada beberapa cara aman untuk mengatasi masuk angin dengan cepat:

1. Jaga Asupan Cairan Tubuh

Menjaga asupan cairan akan membantu tubuh untuk mengontrol suhu sehingga demam dalam tubuh menurun. Jadi kalau kamu sedang masuk angin pastikan kalau kamu sudah minum air putih 8 gelas atau 2 liter per hari.

Akan lebih baik menghindari minuman apapun yang mengandung kafein supaya tidak terjadi dehidrasi.

2. Memanfaatkan Ramuan Herbal

Ramuan herbal akan membantu tubuh supaya tetap hangat dari dalam sekaligus melegakan pernapasan dan tenggorokan. Untuk cara mengatasi masuk angin pada ibu hamil, air jahe hangat dapat mengurangi rasa mual.

Efek dari air seduhan jahe hangat juga dapat meredakan perut kembung karena mampu menghangatkan tubuh.

3. Makan Makanan Bergizi

Ketika masuk angin, tubuh membutuhkan bantuan untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Di sini makanan yang bergizi seperti sayur dan buah dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh.

Jika asupan nutrisi pada tubuh terpenuhi maka tubuh akan lebih mudah untuk pulih.

4. Makan Makanan Hangat

Makanan hangat akan melegakan pernafasan yang terhambat dan mengatasi masuk angin dengan segera. Contohnya seperti sup kaldu bening, air putih hangat atau bisa juga tambahkan air perasan lemon dan madu.

Uap yang dikeluarkan akan terhirup oleh hidung sehingga penyumbatan di hidung segera mereda.

5. Menjaga Kebersihan Makanan

Selalu pastikan untuk makan makanan yang tidak hanya bergizi, tapi juga higienis. Cara mengatasi masuk angin duduk dengan menjaga kebersihan makanan harus dilakukan mulai dari proses sampai penyajian.

Serta segera makan dan jangan melewati waktu makan supaya kondisi kesehatan segera membaik.

6. Istirahat yang Cukup

Ketika tubuh terasa tidak nyaman seperti lemas atau pusing akibat dari masuk angin, segera istirahat walau sebentar. Ini perlu dilakukan untuk menyegarkan sekaligus merilekskan tubuh.

Termasuk membantu tubuh melawan infeksi yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit lainnya.

7. Memakai Pakaian Hangat

Sistem imun akan terus menurun akibat berbagai jenis virus dan bakteri yang menyerang ketika mengalami masuk angin. Supaya daya tahan tubuh tidak terus menurun, segera gunakan pakaian hangat.

Pakaian hangat akan melindungi tubuh dari udara dingin yang menjadi penyebab timbulnya masuk angin.

8. Membalurkan Balsem

Cara mengatasi masuk angin berat secara tradisional bisa dilakukan dengan membalurkan balsem pada tubuh. Ini bertujuan untuk mendorong angin dari tubuh keluar melalui sendawa atau kentut.

Pengobatan masuk angin dengan cara ini terbukti ampuh dan mempercepat penyembuhan.

9. Menjaga Pikiran

Menjaga pikiran supaya tetap positif tidak hanya dianjurkan bagi orang yang sakit karena masuk angin. Jika orang sakit terus menjaga pola pikir ke arah yang positif, ini akan sangat menunjang proses penyembuhan.

Supaya sistem imun tubuh tidak menurun akibat adanya perubahan fisiologis dari pikiran yang negatif.

10. Menggunakan Humidifier

Penggunaan humidifier ini akan membantu mengatasi hidung mampet dengan menambah kelembaban udara. Serta menghilangkan gejala alergi yang menyerang saluran pernafasan dan membuat tubuh tidak nyaman.

Namun humidifier juga harus dibersihkan dengan benar secara rutin supaya tidak memicu pertumbuhan bakteri.

Itulah cara mengatasi masuk angin mulai dari yang ringan sampai yang berat. Terlebih jika masuk angin terjadi dalam jangka waktu cukup lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *