Cara Mengatasi Laptop Mati Total

6 Cara Mengatasi Laptop Mati Total Yang Benar

Cara mengatasi laptop mati total – Laptop merupakan salah satu teknologi yang banyak digunakan oleh masyarakat, baik para pekerja ataupun pelajar, karena terdapat banyak fitur yang membantu dan mempermudah kehidupan manusia. Meskipun demikian, laptop hanyalah sebuah alat ciptaan yang tidak dapat terlepas dari sebuah masalah atau gangguan. Salah satu masalah yang paling krusial adalah laptop tidak dapat menyala alias mati total. Hal ini, tentunya berdampak negatif bagi para penggunanya. Oleh karenanya, terdapat beberapa cara mengatasi laptop mati total dan berikut adalah penjelasaannya!

Cara Mengatasi Laptop Mati Total

1. Permasalahan pada RAM

Jika lampu indikator hidup, kipas menyala dan mesin berjalan dengan baik namun layar pada laptop tidak terdapat tampilan apapun atau blank, besar kemungkinan terdapat masalah pada RAM. Kalian dapat mencoba melepas RAM pada laptop, lalu membersihkan pin dari RAM dengan penghapus pensil, kemudian pasang kembali.

2. Permasalah pada Prosesor

Prosesor merupakan otak pada laptop. Jika prosesor mengalami kerusakan, maka sistem tidak akan berjalan dengan baik dan laptop tidak akan menyala. Kalian dapat membersihkan kotoran pada prosesor dan heatsink-nya, serta pastikan untuk melakukan pengecekan pada pembuangan angin pada laptop. Untuk tipsnya, kalian harus membuka prosesor dan lihat apakah iso thermal-nya terlihat rusak atau tidak layak, jika ya, bersihkan dan gantilah dengan yang baru dan berhati-hatilah saat melakukannya.

3. Permasalahan pada Adaptor

Jika lampu indikator tidak menyala, besar kemungkinan terdapat kerusakan pada adaptor. Periksalah kabel adaptor, karena sering terjadinya putus sambungan. Kalian dapat menggunakan bantuan adaptor lain yang sesuai dayanya untuk membantu menghidupkan laptop.

4. Permasalahan pad Power Supply

Jika lampu indikator tidak menyala, sedangkan adaptor dalam keadaan normal, cobalah untuk memeriksa soket DC. Soket DC yang mengalami kerusakan dapat menyebabkan listrik tidak stabil sehingga laptop tidak dapat menyala dengan benar. Kalian dapat mencoba memeriksa tombol on/off power serta IC power (jika disebabkan oleh tegangan listrik yang tinggi) atau lepaskan charger lalu tekan 30 detik hingga daya habis, kemudian pasang kembali charger dan coba hidupkan kembali (jika kalian terbiasa dengan penggunaan input daya listrik yang berbeda-beda).

5. Permasalahan pada Mainboard

Jika seluruh komponen, baik charger, komponen power, RAM, monitor atau prosesor dalam keadaan baik, maka besar kemungkinan terdapat masalah pada Mainboard, karena mainboard atau motherboard merupakan komponen induk yang menjadi tempat untuk menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya. Kerusakannya sering ditandai dengan adanya bunyi “bip…bip…bip…”. Kalian dapat mencoba untuk melepaskan semua komponen termasuk hardisk, DVD, wifi, card dan lain-lain. Kemudian membersihkannya, setelah itu cobalah menghidupkan laptop dengan catatan RAM, monitor dan hardisk tetap terpasang. Jika laptop dapat menyala, besar kemungkinan terdapat kerusakan pada komponen-komponen lain. Tetapi, jika tetap tidak dapat menyala meski semua komponen lain dilepas, maka dapat dipastikan terdapat kerusakan pada mainboard.

Cobalah untuk memeriksa apakah terdapat komponen yang terbakar. Jika ya, sebaiknya gantilah komponen tersebut dan cara termudahnya adalah dengan mengganti mainboardnya.

6. Memeriksa Baterai Laptop

Cobalah terlebih dahulu memeriksa daya baterai pada laptop, dikhawatirkan daya baterai kalian sudah mencapai batas atau habis. Untuk memastikan, chargerlah laptop kalian dan tunggu beberapa saat. Jika ternyata memang tidak dapat menyala, cobalah untuk melepaskan baterai dan tetap men-charger laptop tersebut. Jika laptop kalian menyala, bisa dipastikan baterai laptop kalianlah yang bermasalah dan harus diservis.

Itulah, beberapa cara bagaimana mengatasi laptop yang mati total. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Namun, jika kerusakan pada laptop kalian sangat buruk sebaiknya segera perbaiki dengan pergi ke tempat servis untuk lebih memastikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *