Cara mengatasi laptop lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Cepat

Cara mengatasi laptop lemot – Setiap pengguna laptop tentu saja tidak mau kalau performa laptop yang digunakannya menurun dan menjadi lemot. Kamu pasti juga nggak mau, kan? Tapi tak dipungkiri lagi masalah laptop lemot hampir menimpa semua pengguna laptop. Syukurnya, ada banyak cara mengatasi laptop lemot dari mulai yang gratis sampai yang berbayar.

Sebenarnya penyebab laptop lemot itu ada bermacam-macam, mulai dari masalah software hingga hardwarenya. Berikut cara mengatasi laptop ngelag dengan ampuh.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dan Ngelag

1. Minimalkan Aktivitas Multitasking

Aktivitas multitasking adalah ketika kamu membuka beberapa program sekaligus atau membuat laptop melakukan tugas yang banyak dalam waktu bersamaan, seperti ketika bermain slot online.

Akan tetapi, laptop-laptop menengah ke bawah tidak akan kuat jika digunakan untuk multitasking dalam waktu yang lama dan bisa menyebabkannya menjadi lemot. Maka dari itu, usahakan jangan membuka banyak program atau tugas sekaligus, ya.

2. Lakukan Full Scan dengan Antivirus

Virus atau malware yang berbahaya juga bisa menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Lakukanlah full scan untuk memberantas virus-virus di laptop kamu menggunakan software antivirus. Software antivirus bawaan Windows, Windows Defender juga cukup ampuh untuk membunuh virus dan malware yang membandel.

Berikut cara melakukan full scan dengan Windows Defender. Buka Settings > Update & Security > Windows Security > Virus & threat protection. Akan terbuka jendela baru, klik Scan options > pilih opsi Full scan dan tekan tombol Scan now.

3. Uninstall Aplikasi dan Program yang Tidak Digunakan

Setiap aplkasi, program dan file yang tersimpan di laptop kamu tentunya akan mengonsumsi daya dan juga penyimpanan. Semakin sedikit dan kecil daya atau ruang penyimpanan yang tersedia, maka akan semakin lemot juga kinerja laptop. Oleh karena itu, pasanglah hanya aplikasi dan program yang benar-benar kamu gunakan.

Kalau masih ada aplikasi yang tidak digunakan, segera uninstall. Meskipun tidak digunakan, aplikasi dan program tetap akan menghabiskan ruang penyimpanan dan bisa menjadi salah satu penyebab laptop ngelag. Untuk unsintall aplikasi di Windows, buka Control Panel > Uninstall a Program. Pilih aplikasi yang ingin dicopot dan tekan tombol Uninstall.

4. Install Ulang Sistem Operasi

Kalau cara-cara di atas masih belum manjur dan laptop masih terasa cukup lemot, maka lakukan install ulang sistem operasi. Menginstall ulang OS artinya mereset atau mengembalikan pengaturan laptop kembali ke awal saat seperti pertama kali membelinya. Data-data dan aplikasi yang ada pada drive C: akan dihapus dan tidak bisa dikembalikan. Maka dari itu, pastikan kamu selalu melakukan backup data terlebih dahulu sebelum install ulang.

Cara mengatasi laptop lemot ini cukup ampuh dalam hal mengatasi laptop lemot. Biasanya ini dijadikan sebagai pilihan terakhir. Kamu bisa melakukan install ulang Windows sendiri jika tahu caranya, atau menggunakan jasa yang harga pasarannya sekitar Rp100.000 sampai Rp300.000.

5. Downgrade ke Sistem Operasi yang Lebih Ringan

Tiap-tiap sistem operasi tentunya punya spesifikasi minimum tersendiri. Nah penyebab laptop kamu menjadi lemot mungkin karena spek laptop memang tidak cukup untuk menjalankan sistem operasi yang digunakan sekarang. Maka solusinya adalah dengan melakukan downgrade ke sistem operasi yang lebih ringan dan yang spesifikasi minimumnya lebih rendah.

Itulah 5 cara mengatasi laptop lemot yang ampuh. Cara mana yang ingin kamu coba terlebih dahulu? Kalau semua cara di atas tidak mempan, apa boleh buat sepertinya kamu harus upgrade hardware atau laptopmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *