Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

7 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Yang Benar

Cara mengatasi laptop cepat panas –┬áSalah satu masalah yang sering membuat kesal para pengguna laptop adalah overheat atau panas laptop yang melebihi batas normal. Panas berlebih pada laptop dapat membuat performa laptop menjadi terhambat dan berdampak negatif pada laptop, seperti contoh not responding atau bahkan laptop bisa mati sendiri. Ini disebabkan karena laptop memiliki ruang yang sangat sempit dan padat serta sirkulasi udara yang cenderung kurang begitu lancar. Walaupun, hal ini biasanya terjadi pada laptop dengan kondisi yang tua, tetapi tidak menutup kemungkinan laptop baru pun dapat mengalaminya. Untuk menghindari hal tersebut, terdapat beberapa tips serta cara mengatasi laptop yang sering mengalami overheat atau cepat panas dan berikut adalah penjelasaannya!

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

1. Berikan Jeda waktu Istirahat

Penggunaan laptop secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang lama dapat membuat laptop menjadi cepat panas, oleh karena pastikan laptop memiliki jeda istrirahat yang cukup dan jika perlu atur penggunaan pemakaian pada laptop untuk memaksimalkan pencegahan masalah cepat panas pada laptop kalian.

2. Usahakan Layar LCD Tidak Terlalu Terang

Selain dapat mengganggu kesehatan mata, penggunaan laptop dengan layar LCD yang terlalu cerah juga dapat membuat laptop menjadi lebih cepat panas. Oleh karena itu, usahakanlah jangan terlalu terang dan jangan pula terlalu redup . Sesuaikan kecerahan pada laptop dengan kenyamaan mata kalian.

3. Gunakan Laptop pada Permukaan yang Datar

Ketika menggunakan laptop, sebaiknya menggunakannya pada permukaan yang datar agar sirkulasi udara tidak terhambat. Hindari penggunaaan laptop di atas kasur, jikalau pun terpaksa, pastikan kalian menggunakan alas yang tebal dan besar dibawahnya seperti buku atau papan.

4. Pastikan Kipas pada Laptop Berfungsi dengan Baik

Kipas merupakan komponen yang sangat penting pada laptop, karena kipas dapat mengalirkan hawa panas yang ada di dalam laptop. Jika kipas tidak berfungsi dengan baik, maka laptop pun menjadi lebih cepat panas. Pastikan kalian membersihkan kipas dan jika kipas dalam kondisi yang sangat buruk dan menghambat, sebaiknya ganti kipas pada laptop, agar performa laptop menjadi normal kembali.

5. Efisienkan Penggunaan Software

Hindari penggunaan software yang membutuhkan resource memory yang besar pada waktu yang bersamaan. Gunakanlah software yang dibutukan saja, misalnya ketika kalian mengerjakan sebuah tugas, kalian hanya membutuhkan software office word dan web browser maka tutuplah semua software lainnya seperti pemutar musik dan lain-lain. Hal ini dapat mengefisienkan pula penggunaan memori dan dapat menghindari laptop mengalami overheat atau cepat panas pada laptop.

6. Bersihkan Laptop Secara Teratur

Kebersihan adalah hal yang sangat penting. Oleh karenanya, pastikanlah kalian memberikan perawatan pada laptop berupa membersihkannya secara teratur. Semakin kalian sering menggunkaan laptop, semakin banyak pula kalian harus membersihkan laptop kalian, karena jika tidak akan terdapat banyak debu yang menempel yang akan mengakibatkan sirkulasi pada laptop menjadi buruk.

7. Gunakan Cooling Pad

Penggunaan cooling pad lebih disarankan untuk laptop yang memiliki sirkulasi udara yang buruk, karena alat ini dapat membantu mengeluarkan suhu panas pada laptop. Namun perlu untuk diingat, bahwa tidak semua cooling pad cocok untuk setiap jenis laptop, karena setiap laptop memiliki penempatan ventilasi yang berbeda-beda. Alhasil, pilihlah jenis yang sesuai untuk laptop kalian.

Itulah, beberapa tips serta cara mengatasi laptop yang sering mengalami overheat atau cepat panas. Semoga artikel dari Situs Poker Online bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *